cover
Contact Name
Ventje Jeremias Lewi Engel
Contact Email
ventje@ithb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dina_angela@ithb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Telematika
ISSN : 18582516     EISSN : 25793772     DOI : -
Jurnal Telematika is a scientific periodical written in Indonesian language published by Institut Teknologi Harapan Bangsa twice per year. Jurnal Telematika publishes scientific papers from researchers, academics, activist, and practicioners, which are results from scientific study and research in the field of telematics and information technology.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2017)" : 15 Documents clear
Pengembangan Aplikasi Analisis Rantai Nilai Produk KainGray di Perusahaan Tekstil (Studi Kasus: PT XYZ) Sonna Kristina; Julia Gunawan
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The main objective of this study is to identify every primary and supporting activity of the value chain of gray cloth products in textile companies and to know the value addition of gray cloth within the company. The value chain mapping steps use the Porter value chain with some adjustments in several stages. The steps are primary and supporting activities identification, value chain mapping, added value calculation, SWOT analysis, key activity determination based on price sensitivity analysis, and key activity analysis based on SWOT analysis and price sensitivity analysis. The result of the study shows that the value chain of gray cloth products in PT XYZ is  running well because every activities, both primary and supporting, are interconnected, thus affecting the success of the company. The percentage of added value of gray cloth is relatively high which allows textile companies to continue growing and competing on a global scale. There are several internal and external factors that may become strengths and weaknesses, therefore in this study  those factors should be considered in order for the textile companies to be able to grow and compete. Key activities based on price sensitivity analysis is procurement activities because the most influence the price of polyester yarns. The result of key activity analysis based on SWOT analysis and sensitivity analysis stated that the price of polyester yarn  has the greatest price sensitivity and is influenced by procurement activity, procurement activity based on SWOT analysis is one of the activities that become the strength of  the value chain of gray cloth product. The results of this analysis will be applied in the application of information systems in textile companies. Therefore procurement activity such as the selection of raw material suppliers need to be considered based on price so that  textile companies can continue to grow and can compete globally..Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi setiap aktivitas primer dan aktivitas pendukung rantai nilai produk kain gray di perusahaan tekstil serta mengetahui pertambahan nilai kain gray di dalam perusahaan. Langkah-langkah pemetaan rantai nilai menggunakan rantai nilai Porter dengan beberapa penyesuaian dalam beberapa tahapan. Langkah awal yang dilakukan adalah identifikasi aktivitas primer dan pendukung, pemetaan rantai nilai, perhitungan nilai tambah, analisis SWOT, penentuan aktivitas kunci berdasarkan analisis sensitivitas harga serta analisis aktivitas kunci berdasarkan SWOT dan analisis sensitivitas. Hasil penelitian didapati bahwa rantai nilai produk kain gray di PT XYZ berjalan dengan baik karena setiap aktivitas baik aktivitas primer dan aktivitas pendukung saling berhubungan sehingga mempengaruhi keberhasilan suatu perusahan. Persentase nilai tambah kain gray tergolong tinggi sebesar  55,71% sehingga perusahaan tekstil dapat terus tumbuh dan bersaing secara global.  Terdapat beberapa faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan sehingga perlu diperhatikan pada penelitian ini agar perusahaan tekstil dapat terus tumbuh dan bersaing. Aktivitas kunci berdasarkan analisis sensitivitas harga adalah aktivitas procurement karena paling mempengaruhi harga benang polyester. Hasil dari analisis aktivitas kunci berdasarkan SWOT dan analisis sensitivitas menyebutkan bahwa harga benang polyester memiliki sensitivitas harga yang paling besar dan dipengaruhi oleh aktivitas procurement, aktivitas procurement berdasarkan analisis SWOT merupakan salah satu aktivitas yang menjadi kekuatan rantai nilai produk kain gray. Hasil analisis ini akan diterapkan dalam aplikasi sistem informasi di perusahaan tekstil. Maka dari itu aktivitas procurement seperti pemilihan supplier bahan baku perlu diperhatikan berdasarkan harga agar perusahaan tekstil dapat terus tumbuh dan dapat bersaing secara global.
Perancangan Aplikasi Informasi Jalur dan Tarif Angkutan Umum di Kota Bandung Egi Anwari; Andy D. Dirgantara; Robin Williams Lay
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Angkutan umum merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di kota Bandung. Banyaknya angkutan umum di kota Bandung membuat pengguna kesulitan mengidentifikasi jalur yang tepat. Tidak semua pengguna angkutan umum di kota Bandung mengetahui berbagai jalur yang dilalui oleh angkutan umum. Para pengguna angkutan umum memerlukan informasi jalur yang akurat dan mudah diakses. Berdasarkan masalah ini muncul gagasan untuk membuat aplikasi yang memuat informasi jalur dan tarif angkutan umum di kota Bandung. Perancangan aplikasi ini bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat mengenai jalur angkutan melalui aplikasi yang akan mudah diakses melalui smartphone. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian terdahulu yang mengangkat gagasan aplikasi untuk jalur angkutan umum di kota Bandung. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode eksperimen dengan melakukan beberapa tahap yaitu menentukan tema inovasi, mengumpulkan data, memilah data, menentukan spesifikasi rancangan aplikasi, membuat studi eksperimen media dan studi visual, serta tahap terakhir adalah membuat simulasi karya. Aplikasi ini menekankan pada tiga hal yaitu  rancangan aplikasi menampilkan jalur alternatif dan informasi tariff yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk memilih angkutan umum yang tepat. pembagian jalur berdasarkan warna dapat membantu para pengguna untuk mengidentifikasi perpindahan angkutan umum yang akan mereka tuju. Selanjutnya sistem navigasi yang dirancang akan membantu pengguna untuk mengetahui tempat di mana harus naik atau turun dari kendaraan umum.Public transportation is one of the needs of people in Bandung. The number of public transportation in Bandung makes the user difficult to identify the right route. Not all users of public transportation in Bandung know the various routes that are passed by public transportation. Users of public transport require accurate and accessible route information. Based on this problem came the idea to create an application that contains information on public transportation routes and tariff in Bandung. The design of this application aims to provide information to the public about the route of transportation through applications that will be easily accessed via smartphone. This research is a development of previous research that raised the idea of  the application for public transportation in Bandung. The methodology in this research uses experimental method approach by performing several stages of determining innovation theme, collecting data, sorting data, determining application design specification, making the study of media experiment and visual study, and the last step is making simulation works. This application emphasizes on three things: The design of the application displays an alternative route and tariff information that makes it easy for users to choose the right public transportation. The distribution of route by color can help users to identify the movement of public transportation they will go to. Furthermore, the designed navigation system will help the user to know where to go up or down from public transport.
Pemodelan Arsitektur Informasi Menggunakan Metode Business System Planning Tamsir Hasudungan Sirait; Evasaria Magdalena Sipayung; Kairupan Elsa Engelin Priska
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – SMPN 7 Manado merupakan sebuah lembaga pendidikan formal di Indonesia yang menyediakan layanan pendidikan untuk siswa pada jenjang pendidikan dasar. Sistem pendidikan di SMPN 7 Manado terdiri dari tiga proses bisnis utama, yaitu proses penerimaan siswa baru, proses kegiatan belajar mengajar, dan proses pelepasan siswa. Dalam mendukung proses bisnis utama, terdapat juga proses pendukung, yaitu proses pengelolaan keuangan dan proses pengelolaan sumber daya manusia dan sarana-prasarana. Dalam menjalankan proses bisnisnya, SMPN 7 Manado didukung oleh beberapa elemen antara lain manusia, informasi, proses bisnis, hardware, software, kebijakan, dan lain-lain. Dari elemen-elemen pendukung tersebut, informasi merupakan salah satu sumber daya paling penting dalam keberlangsungan sebuah proses bisnis. Dengan adanya informasi yang berkualitas, maka SMPN 7 Manado dapat mengambil keputusan dengan tepat dan pada akhirnya berdampak pada keberlangsungan bisnis. Dalam mendapatkan informasi yang berkualitas, maka organisasi harus merencanakannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh organisasi dalam menghasilkan informasi yang berkualitas adalah dengan memanfaatkan sistem informasi. Dengan arsitektur informasi dapat diketahui siapa yang bertanggung jawab atas terbentuknya data, kapan data terbentuk dan siapa yang menggunakan data. Dalam pelaksanaan perencanaan ini akan digunakan strategi bisnis SMPN 7 Manado berupa rencana strategis sekolah kemudian menjadi sebuah strategi sistem informasi berupa arsitektur informasi. Strategis bisnis yang dimaksud yaitu pengelolaan sumber daya informasi dengan penggunaan teknologi komputer. Dalam mendapatkan arsitektur informasi akan digunakan metode Business System Planning (BSP). Berdasarkan studi BSP yang dilakukan, diperoleh 67 proses bisnis, 68 kelas data, dan arsitektur prioritas untuk pengembangan sistem informasi dimasa mendatang.Kata Kunci : informasi, perencanaan arsitektur informasi, proses bisnis, Business System Planning.Abstract – SMPN 7 Manado is a formal educational institution in Indonesia that provides educational services for students at elementary level. The education system at SMPN 7 Manado consists of three main business processes, namely admission of new students process, teaching and learning process, and student graduation process. In supporting the main business processes, there are also supporting processes, namely financial management process, and human resource and facilities management processes. In running its business process, SMPN 7 Manado is supported by several elements such as human, information, business process, hardware, software and policy. From these supporting elements, information is one of the most important resources in the sustainability of a business process. With the existence of quality information, then SMPN 7 Manado can take decisions appropriately which will ultimately impact on the continuity of SMPN 7 Manado business process. In obtaining a qualified information, the organization must plan it. One way that can be done by the organization in producing a qualified information is to utilize information systems. With the information architecture it can be known who is responsible for the formation of data, when data is formed and who uses the data. The implementation of this plan will use the business strategy of SMPN 7 Manado in the form of a strategic plan of the school, then become an information system strategy in the form of information architecture. Commonly known as the management of information resources with the use of computer technology. In obtaining information architecture, will be used Business System Planning (BSP) method. Based on the BSP study, 67 business processes, 68 data classes and priority architecture were obtained for future information system development.Keywords :  information, information architecture planning, business process, Business System Planning
Perencanaan Aplikasi Peninjau Ekspresi Wajah Tokoh James Sullivan dalam Film Monster Inc 2001 Oktarina Prasetyowati; Adeline Linardi
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ekspresi sudah lama dirumuskan sebagai medium komunikasi nonverbal manusia. Pesan yang dapat disampaikan melalui ekspresi adalah informasi mengenai emosi yang dirasakan seseorang.Dalam film, ekspresi wajah merupakan hal yang sangat penting dipertimbangkan untuk mendukung jalan cerita. Dengan ekspresi wajah yang tepat, maka emosi tokoh dapat terungkap, sehingga dapat memperkuat adegan tertentu. Hal ini pun berlaku untuk film animasi, walau pun tokoh dalam film animasi tidak selalu dalam wujud manusia, namun para desainer tokoh sering mengadopsi ciri-ciri manusia untuk tokoh yang sedang diciptakannya.Analisis ini dibuat untuk mengetahui bagaimana ekspresi wajah Sullivan, tokoh animasi protagonis dalam film Monster Inc memiliki kesamaan dengan ciri ekspresi wajah manusia.
Penerapan QR Code Sebagai Media Akses Informasi Sejarah Pahlawan Andy Dwiputra Dirgantara; Achyar Riyadh; Reynita Mikhaela Chrislianti
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The hero who is immortalized as a street name is someone who has great historical and service value for the advancement of a country. Unfortunately in the city of Bandung people mostly do not know the historical background of the struggle and services that have been done by the hero. This study aims to find innovations that facilitate the public in obtaining information about historical stories from the heroes by utilizing technological advances. The research uses the product development flow with the method of design thinking, which aims to produce design solutions that match the characteristics of users. The research flow begins with the determination of design goals and target users, supporting data collection and defining the design criteria, finished by development of creative ideas and the making of prototypes. The study yielded a conclusion about the size and appearance used for the QR code signage board. The signage is located on the sidewalk area, adjacent to the street signboard, and is capable of being used at an ideal distance of 1-4 meters. This study also developed an interface for QR code scanner apps to facilitate users in accessing data about the historical struggle and service of the hero.Pahlawan yang diabadikan sebagai nama jalan adalah seseorang yang memiliki nilai sejarah dan jasa besar bagi kemajuan negara. Sayangnya di kota Bandung sebagian besar masyarakat tidak mengetahui latar belakang perjuangan dan jasa yang telah dilakukan oleh pahlawan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan inovasi yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai cerita sejarah perjuangan dan jasa pahlawan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Penelitian menggunakan alur pengembangan produk dengan metode design thinking, yang bertujuan untuk menghasilkan solusi desain yang sesuai dengan karakteristik pengguna. Alur penelitian diawali dengan penentuan tujuan perancangan dan khalayak pengguna, pengumpulan data pendukung dan kriteria perancangan, pengembangan gagasan kreatif dan pembuatan purwarupa. Penelitian menghasilkan simpulan mengenai ukuran dan tampilan yang digunakan pada papan signage QR code. Signage ini diletakan di area trotoar, berdekatan dengan papan nama jalan, dan mampu digunakan pada jarak ideal 1-4 meter. Penelitian ini juga mengembangkan tampilan antarmuka untuk aplikasi pemindai QR code agar memudahkan pengguna dalam mengakses data mengenai sejarah dan jasa pahlawan. 
Penerapan NFC Untuk Pembayaran Uang Elektronik pada Self-Payment Machine Ventje Jeremias Lewi Engel; Vincentius Albert; Sinung Suakanto
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Consumers nowadays use electronic money for buying and selling at the market. They need easier and faster payment system especially to facilitate the needs in payment on delivery. Therefore, a self-payment machine were designed and implemented with NFC to bring out faster and easier transaction. The system was tested for its functionality, time, and distance between tag and NFC reader.  Self-payment machine can communicate with payment gateway, execute transaction, and evaluate tag used for paying. Time average for a transaction is 27.3345 seconds with 4-5 seconds needed for reading and evaluating the tag. Optimal distance between tag and reader is 0-4 cm.Penggunaan uang elektronik sudah menjadi kebutuhan bagi para pelaku transaksi. Konsumen memerlukan sistem pembayaran yang cepat dan mudah terutama untuk memfasilitasi kebutuhan ketika payment on delivery.. Oleh sebab itu, dirancang sebuah self- payment machine yang berbasis NFC untuk dapat mempermudah dan mempercepat transaksi. Sistem yang dibangun diuji secara fungsionalitas, waktu, dan jarak pembacaan tag NFC.  Sistem self-payment machine yang dibangun mampu berkomunikasi dengan payment gateway, melakukan transaksi, dan mengevaluasi tag untuk pembayaran. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk transaksi adalah 27,3345 dengan pembacaan dan evaluasi tag memerlukan 4-5 detik. Jarak optimal antara tag dengan pembaca NFC adalah 0-4 cm.
Conceptual Data Model Untuk Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Ibu Hamil Cut Fiarni; Herastia Maharani; Evasaria Sipayung; Raynaldi Yonathan
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Development of health management information system must compliant with the national guideline of health information exchange. This is essential to guarantee the consistency and efficient use of those medical data into medical information decisions. This paper propose a conceptual data model for ubiquitous healthcare management of pregnant lady that align with national guideline from Indonesian Ministry of Health and to ensure the continuity with the Indonesian referral system. In this research we propose the use of data modelling  based on Fully Communication Oriented Information Modelling (FCO-IM) to ensure it consistency and efficient structure design of health data modelling, historical information regarding pregnancy condition and the proposed pregnancy management application. Based on the user acceptance test (UAT) of the proposed application system with test result 88,55%, we conclude that the conceptual data models are have high quality.Dalam pengembangan sistem informasi manajemen kesehatan, kesesuaian dan kepatuhan terhadap standar pertukaran informasi medis pada suatu negara sangatlah penting. Perancangan data model yang tepat menjadi salah satu kunci utama dalam menjamin konsistensi dan efisiensi dari pemanfaatan data medis yang akan dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan-keputusan medis terkait kondisi pasien. Dalam penelitian ini dikembangkan konseptual data model untuk manajemen kesehatan ibu dan hamil dengan mengacu pada standar dari Kementerian kesehatan Republik Indonesia yang nantinya menjadi dasar dari aplikasi sistem yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja (ubiquitas), sehingga sesuai dengan sistem rujukan nasional. Metoda yang digunakan untuk pemodelan informasi adalah Fully Communication Information Modeling (FCO-IM) untuk mendapatkan  desain system yang lebih efisien  dan terstruktur sehingga dapat memudahkan ibu hamil dalam mendapatkan data historis dari kondisi kesehatannya. Dari hasil pengujian terhadap pemanfaatan sistem hasil pengembangan dari pemodelan data yang telah dilakukan  dengan menggunakan user acceptance test, didapatkan skor 88,55%.
Aplikasi Pemesanan Catering Menggunakan SMS Gateway Berbasis Web Badie Uddin
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Currently Sedap Catering promotional media is the promotion of word of mouth by consumers who have been using the service Sedap Catering. Besides Sedap Catering also use the media brochure as a media campaign. Consumers are still making catering reservations by going to Sedap Catering to see brochures or ordering. In order to better reach the broader marketing, it is necessary to have a system that can make an order online so it can facilitate consumers to make reservations catering at Sedap Catering. This application uses CodeIgniter which is one of the PHP and MySQL Framework as a data storage database and applications built using Sublime Text. The Catering Booking Application at Sedap Catering can make it easier for customers to make reservations, and is expected to improve the service of Sedap Catering for consumers who will make reservations at Sedap Catering.Saat ini media promosi Sedap Catering adalah promosi dari mulut ke mulut oleh konsumen yang sudah pernah memakai jasa Sedap Catering. Selain itu Sedap Catering juga menggunakan media brosur sebagai media promosi. Konsumen masih melakukan pemesanan catering dengan cara mendatangi tempat Sedap Catering untuk dapat melihat brosur atau melakukan pemesanan. Agar lebih menjangkau pemasaran yang lebih luas, maka diperlukan adanya suatu sistem yang dapat melakukan pemesanan secara online sehingga dapat mempermudah konsumen untuk melakukan pemesanan catering di Sedap Catering. Aplikasi ini menggunakan CodeIgniter yang merupakan salah satu Framework PHP dan MySQL sebagai database penyimpanan data serta aplikasi yang dibangun menggunakan Sublime Text. Aplikasi Pemesanan Catering di Sedap Catering ini dapat mempermudah konsumen untuk melakukan pemesanan, dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Sedap Catering untuk para konsumen yang akan melakukan pemesanan di Sedap Catering.
Pengembangan Sistem Digital Signage Berbasis Location Based Advertising untuk Angkutan Umum Sinung Suakanto; Dina Angela; Herry Imanta Sitepu; Irwansa Ryan Sulingallo
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengguna transportasi umum seringkali membutuhkan informasi yang berkaitan dengan tempat-tempat yang dilewati sepanjang rutenya. Informasi tersebut biasanya dapat diketahui dengan memperhatikan papan iklan, spanduk, atau papan nama yang terpampang di area tersebut, bahkan tidak jarang pula harus dicari terlebih dahulu melalui Internet. Pencarian informasi dengan cara seperti itu akan cukup memakan waktu. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan rancangan sistem yang dapat menyampaikan informasi terkait lokasi tertentu dengan cepat dan tepat pada kendaraan yang sedang bergerak. Teknologi digital signage dapat diusulkan untuk menjadi alternatif solusinya. Teknologi ini dapat dikembangkan untuk memberikan informasi terkait lokasi tertentu dimana teknologi tersebut dapat diterapkan pada kendaraan yang sedang bergerak. Informasi tersebut ditampilkan pada suatu layar monitor yang dipasang di kendaraan, seperti LCD atau TV LED, sehingga mudah untuk dilihat. Sistem ini dirancang dengan dukungan teknologi embedded device yang berfungsi untuk menyimpan serta mendistribusikan informasi pada sistem digital signage. Sistem ini dapat disebut sebagai location based advertising yang diharapkan dapat membaca koordinat lokasi yang dilewati oleh kendaraan umum. Dengan adanya sistem digital signage ini, informasi suatu lokasi bagi pengguna transportasi umum dapat dilakukan secara otomatis, cepat, dan tepat.
Penerapan Metode Single-Layer Feed-Forward Neural Network Menggunakan Kernal Gabor untuk Pengenalan Ekspresi Wajah Johanes Cristanto; Ken Ratri Retno wardani
Jurnal Telematika Vol 12, No 1 (2017)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Expression is a common thing shown by humans to respond to an event. The face is one of the mediums that humans use to show their expressions. Facial expression consists of 7 are happy, sad, angry, scared, disgusted, shocked, and neutral. Humans can easily recognize expressions issued by a person and use them to be able to determine what reaction should be done to that person. It can be utilized by computers in order to interact more naturally with humans or can be utilized in the medical field to help the treatment of patients. In this study the method used to recognize facial expressions is Gabor as a method to extract features, Adaboost is used to select features, and neural networks are a method to classify facial expressions. For testing use the manually selected JAFFE dataset to remove imagery that has an expression that is less suited to the label. Using this method the introduction of facial expressions managed to get an accuracy of 52%. The results show that the Gabor function has a greater influence on the accuracy of AdaBoost than the parameter changes θ (theta) and σ (sigma).Ekspresi merupakan hal yang biasa ditunjukkan oleh manusia untuk merespons suatu kejadian. Wajah adalah salah satu media yang digunakan manusia untuk menunjukkan ekspresinya. Ekspresi wajah terdiri atas 7 yaitu senang, sedih, marah, takut, jijik, terkejut, dan netral. Manusia dapat dengan mudah mengenali ekspresi yang dikeluarkan oleh seseorang dan menggunakan untuk dapat menentukan apa reaksi yang harus dilakukan pada orang tersebut sesuai dengan ekspresi yang dikeluarkan. Hal tersebut dapat di manfaatkan oleh komputer untuk dapat berinteraksi lebih natural dengan manusia, selain itu dapat dimanfaatkan dalam bidang medis untuk membantu pengobatan pasien. Dalam penelitian ini metode yang digunakan agar dapat mengenali ekspresi wajah manusia adalah Gabor sebagai metode untuk mengekstraksi fitur, Adaboost digunakan untuk  menyeleksi fitur, dan neural network merupakan metode untuk mengklasifikasi ekspresi wajah. Untuk pengujian menggunakan dataset JAFFE yang sudah diseleksi secara manual untuk menghilangkan citra yang memiliki ekspresi yang kurang sesuai dengan label. Menggunakan metode – metode tersebut pengenalan ekspresi wajah berhasil mendapatkan akurasi sebesar 52%.  Hasil dari penelitian menunjukan bahwa fungsi Gabor lebih berpengaruh terhadap akurasi AdaBoost dibandingkan dengan mengubah parameter θ (theta) dan σ (sigma).

Page 1 of 2 | Total Record : 15